Pengertian Dan Proses Terjadinya Gerhana Matahari

Pengertian dan proses terjadinya Gerhana Matahari akan kami bahas secara singkat saja melalui artikel ini.

ini-waktu-yang-tepat-melihat-gerhana-matahari-parsial-hari-ini

Yang dimaksud dengan Gerhana Matahari adalah sebuah fenomena alam atau suatu proses terhadap terjadinya kejadian alam yang sangat langka dan merupakan objek menarik untuk dijadikan sebagai media hiburan oleh masyarakat di dunia.

Apabila dibandingkan dengan Gerhana Bulan, Gerhana Matahari mempunyai rentang waktu yang agak lama jika dibandingkan dengan Gerhana Bulan.

Ketika Gerhana Matahari sedang berlangsung, pada umumnya hewan – hewan peliharaan dan binatang liar menjadi gelisah dan resah, mereka akan keluar dari sarang masing – masing karena kebingungan pada hari yang dimaksud yaitu sebenarnya seharusnya hari masih pagi atau siang dan sore justru tiba – tiba menjadi mendung dan agak gelap gulita karena kurang mendapatkan sinar matahari. Kejadian langka ini tidak berlangsung lama, tinggal menunggu posisi bulan kembali ke porosnya dan tidak lagi menghalangi Matahari, sehingga hari akan menjadi normal kembali.

Proses Terjadinya Gerhana Matahari

Berdasarkan atas terjadinya waktu dari Gerhana Matahari tersebut di atas, berikut di bawah ini kami berikan penjelasan tentang urutan proses dari terjadinya Gerhana Matahari.

  1. Sejak pagi hari, langit masih terlihat biasa – biasa saja, selanjutnya ketika hari beranjak siang akan terjadi fenomena alam yaitu perubahan warna dan intensitas dari cahaya matahari seolah – olah menjadi berkurang atau menurunnya tingkat kecerahan dari sinar matahari.
  2. Proses selanjutnya adalah Gerhana Matahari mulai terjadi yaitu berupa bayangan hitam secara perlahan – lahan akan menutupi bidang dari Matahari dan cahayanya, dimana proses langka ini bisa dilihat hanya dengan mata telanjang saja, ketika ada pergeseran / pergerakan Bulan pelan – pelan mulai menutupi dan menghalangi sinar Matahari masuk ke permukaan Bumi.
  3. Nah pada tahap ketiga ini, Gerhana Matahari mulai benar – benar terjadi, dimana bayangan Bulan di waktu siang hari tampak menutupi bidang Matahari. Awalnya adalah hanya tampil setitik bayangan unik, selanjutnya bayangan tersebut bergerak perlahan – lahan menuju ke bidang Matahari dengan ukuran mulai membesar dimana posisinya adalah sejajar, untuk melihat fenomena alam ini secara jelas dan utuh maka sangat tergantung dari masing – masing daerah di permukaan bumi ini menurut letak geografis masing – masing. Apabila posisi bulan sudah menutupi seluruh bidang Matahari sehingga cahaya Matahari secara total sulit untuk menjangkau permukaan Bumi maka kondisi ini dinamakan Gerhana Matahari total.
  4. Setelah melalui beberapa jam lewat, maka proses Gerhana Matahari total akan mulai berkurang / melemah, maka perlahan – lahan titik yang terlihat membesar alias bayangan bulan tersebut di atas akan terlihat mulai meninggalkan bidang Matahari, hal ini menyebabkan sinar Matahari mulai tampil sedikit demi sedikit untuk menerangi permukaan bumi.
  5. Pada tahap kelima ini posisi antara Bulan dan Matahari mulai terlihat membentuk seperti sabit / menyabit hingga pada akhirnya Bulan benar – benar meninggalkan bidang Matahari dan permukaan Bumi kembali normal disinari oleh cahaya Matahari.

Nah itulah lima tahapan dari proses terjadinya Gerhana Matahari, dimana diketahui bahwa Gerhana Matahari akan menyebabkan permukaan Bumi sebagian tidak memperoleh sinar / cahaya Matahari untuk beberapa waktu.

Baca Juga :

Demikian kami menjelaskan secara singkat tentang pengertian dan proses terjadinya Gerhana Matahari, semoga saja bermanfaat !

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda di WordPress.com
Memulai
%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close